Jumat, 29 Oktober 2010

SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP DAN PENYELESAIAN 2

PERBANDINGAN

1.  Tiga ekor ayam (Besar, Sedang, dan Kecil) ditimbang. Jika yang Besar dan Kecil ditimbang, beratnya adalah 2,6 kg. Jika yang Besar dan Sedang ditimbang, beratnya adalah 3 kg, dan jika yang Sedang dan Kecil ditimbang, beratnya adalah 2 kg. Berat ketiga ayam tersebut seluruhnya adalah .... 
a. 4 kg
b. 4,2 kg
c. 3,8 kg
d. 4,6 kg
e. 5 kg
(Soal Olimpiade Matematika SMP tingkat Kabupaten/Kota 2005)
jawaban : C

2. Gaji David lebih banyak 20% dari pada gaji Andika. Ketika Andika memperoleh kenaikan gaji, gajinya menjadi lebih banyak 20% dari pada gaji David. Persentase kenaikan gaji Andika adalah ... .
a. 0,44
b. 20
c. 44
d. 144
e. tidak bisa ditentukan dengan pasti
(Soal Olimpiade Matematika SMP tingkat Kabupaten/Kota 2006)
jawaban : C

3.  Dalam satu tahun harga suatu mobil berkurang 10% dari harga tahun sebelumnya. Paling sedikit berapa tahun sehingga harga mobil itu kurang dari setengah harga semula? 
(Soal Olimpiade Matematika SMP tingkat Kabupaten/Kota 2005)
jawaban: setelah 7 tahun

4.  Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh seorang bapak akan selesai dalam 4 hari, jika dikerjakan oleh seorang Ibu akan selesai dalam 6 hari, dan jika dikerjakan oleh seorang Anak akan selesai dalam 9 hari. Jika pekerjaan dikerjakan oleh ketiganya, dalam berapa hari pekerjaan akan selesai?
jawaban:  selesai dalam  2 hari 

5.   Jika Amir dan Budi bekeja bersama maka suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 10 hari. Apabila Budi dan Cecep bekerja sama maka pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam 15 hari, sedangkan apabila dikerjakan Amir dan Cecep maka pekerjaan akan selesai dalam 12 hari. Berapa hari yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut apabila ketiganya mengerjakan bersama-sama?
jawaban: selesai dalam 8 hari.

6. Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh Anto dan Dini dapat diselesaikan dalam waktu 6 jam. Jika pekerjaan itu dikerjakan oleh Dini sendiri akan selesai lima jam lebih lambat dibanding Anto. Pekerjaan itu dapat diselesaikan oleh Anto sendiri dalam waktu ... jam.
 (Soal Olimpiade Matematika SMP tingkat Kabupaten/Kota 2010)
jawaban : Anto menyelesaikan sendiri dalam 10 jam.

Ingin mendownload soal ini, dan cara penyelesaiannya, silahkan download di bawah ini.
klik DOWNLOAD atau klik DOWNLOAD DI SINI

2 komentar: